Minggu, 18 Desember 2011

tips menghemat baterei laptop

“Laptop” merupakan kata yang tidak asing lagi bagi sebagian besar manusia pada masa sekarang. Di samping lebih praktis, laptop juga dapat di bawa kemana-mana oleh pemiliknya. Tidak seperti PC pada komputer yang harus selalu bergantung pada listrik. Ini dikarenakan pada bagian dalam laptop tersebut terdapat sebuah baterai yang berfungsi menghidupkan laptop saat kita tidak dekat yang namanya arus listrik. Sehingga beberapa pekerjaan yang memerlukan laptop dapat di selesaikan dengan cepat. Karena terlalu lamanya penggunaan baterai laptop untuk daya laptop kita. Maka cepat atau lambat daya baterai laptop akan habis sehingga kita perlu mencharge lagi di aliran listrik. Berikut ini tips menghemat baterai laptop anda  

  1. Layar atau screen merupakan salah satu penyebab menurunnya daya tahan baterai laptop anda secara cepat. Maka solusinya yaitu anda bisa meredupkan layar atau screen pada laptop anda ketingkat yang sesuai dengan kenyamanan anda. 
  2. Sebaiknya anda mematikan atau menonaktifkan Wi-Fi pada laptop anda, jika anda tidak menggunakan atau memerlukan Wi-Fi tersebut. Karena Wi-Fi sedikit banyak menyedot daya baterai laptop anda dengan cepat. 
  3. Jika ada flashdisk yang masih ada di laptop anda dan anda sudah tidak memakai flashdisk tersebut, maka eject/lepas flashdisk tersebut dari laptop anda. Untuk meghemat daya baterai laptop anda. 
  4. Jika ada kaset CD (Compact Disk) masih berada di laptop anda. Anda bisa mengeluarkannya jika sudah tidak digunakan lagi. Untuk menghemat daya baterai laptop anda. 
  5. Jika sedang menggunakan daya baterai laptop untuk menghidupkan laptop anda. Sebaiknya anda mematikan cooler atau kipas serta mouse yang disambungkan lewat usb ke laptop anda. Fungsinya juga untuk menghemat daya tahan baterai laptop anda. 
  6. Jika ada software-software yang aktif tetapi anda tidak membutuhkannya. Maka close atau matikan saja. Sehingga dapat menghemat daya tahan baterai laptop anda. Salah satu software tersebut adalah software antivirus. 
  7. Anda juga dapat menggunakan sebuah software yang bernama BatteryCare. Untuk membantu menghemat daya tahan baterai laptop anda. 
  8. Anda sebaiknya melepats baterai laptop. Di saat anda menggunakan laptop tersebut secara langsung dengan colokan kabel listrik. Fungsinya juga menghemat daya tahan baterai laptop anda. 
  9. Saat anda menggunakan laptop dengan baterai sebagai dayanya. Jangan sambil mengcharge laptop anda. Untuk menjaga dan menghemat daya tahan baterai laptop anda. 
  10. Sebaiknya pastikan suhu laptop anda terhindar dari suhu yang terlalu panas seperti didalam bus atau mobil pada waktu siang hari. 
  11. Jika anda berkeinginan menyimpan baterai laptop dalam rentan waktu yang cukup lama, maka simpanlah pada tempat yang sejuk dan di tempat dengan sirkulasi udara yang lancar. 
  12. Sebaiknya jangan menggunakan baterai yang tidak sesuai dengan laptop anda. Atau bahasa kerennya, jangan menggunakan baterai laptop yang tidak kompatibel dengan laptop anda. 
  Demikianlah tips yang dapat di informasikan oleh penulis. Semoga bermanfaat. Salam hangat dari penulis.
(http://secuil-informasi.blogspot.com/2011/12/tips-menghemat-menjaga-baterai-laptop.html)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar