Senin, 12 Desember 2011

aksi bakar SONDANG HUTAGALUNG diberitakan ma Laknatullah Israel.

Aksi bakar diri mahasiswa Universitas Bung Karno (UBK), Sondang Hutagalung rupanya juga menjadi perhatian dunia internasional. Sebuah media asal Israel ikut memberitakan aksi bakar diri tersebut.

Israel National News (Arutz Sheva) menulis sebuah berita dengan judul 'Indonesian Student to Ignite Another Jasmine Revolution?'. Inti berita tersebut, yakni mempertanyakan dapatkah aksi seorang mahasiswa Indonesia tersebut memicu 'Revolusi Jasmine' kedua setelah 'aksi pengorbanan dirinya' di depan istana merdeka di Jakarta?

Demikian seperti dikutip dari israenationalnews.com, Minggu (11/12/2011).

Yang dimaksud dengan Revolusi Jasmine ialah aksi demonstrasi besar-besaran di Tunisia yang menggulingkan Presiden Zine al-Abidine Ben Ali pada 2010 lalu. Jasmine atau melati yang mendasari nama revolusi tersebut, merupakan bunga nasional di Tunisia.

Saat itu, seorang pedagang sayuran berusia 26 tahun bernama Muhammed Bouazizi melakukan aksi bakar diri. Bouazizi melakukan aksi tersebut pada 17 Desember 2010 karena polisi menggaruk dagangannya. Bouazizi yang meninggal beberapa minggu setelah itu, kemudian menjadi martir bagi para mahasiswa dan para pengangguran yang memprotes kondisi kehidupan rakyat Tunisia yang miskin.

Saat itu, para analis Timur Tengah yakin bahwa gerakan sosial di Tunisia itu akan menjalar ke negara-negara Arab lainnya. Sebabnya di kawasan tersebut banyak rakyat yang frustrasi karena membumbungnya harga, kemiskinan, pengangguran, penduduk yang makin padat, dan sistem kekuasaan yang tak menghiraukan itu semua. Benar saja, sejak aksi bakar diri Bouazizi tersebut, aksi bakar diri lainnya juga terjadi di Mesir, Aljazair, dan sejumlah negara Timur Tengah dan Afrika lainnya.

Bisa dibilang aksi 'pengorbanan diri' Bouazizi ini menjadi pemicu Revolusi Arab yang hingga saat ini terjadi di kawasan Timur Tengah dan Afrika. Rezim-rezim diktator pun telah bertumbangan di sejumlah negara seperti Mesir, Libya, Tunisia, dan sebagainya. Sedangkan di negara lain, seperti Suriah, revolusi masih terus berlangsung.

Media Israel National News membandingkan aksi Sondang dengan aksi Bouazizi tersebut. Media tersebut mempertanyakan, apakah aksi Sondang juga bisa menyulut revolusi yang sama di Indonesia.

Israel National News menulis, Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) telah menjalani sistem demokrasi sejak lama dan dalam lingkungan mayoritas Muslim. Demokrasi di Indonesia sendiri dianggap sedikit lebih 'maju' bila dibandingkan dengan negara-negara lain di kawasan Timur Tengah maupun Afrika yang kini dilanda Revolusi Arab. Namun yang masih menjadi perjuangan pemerintahan SBY adalah korupsi yang terus merajalela, yang seringkali memicu aksi demo masyarakat terhadap kepemimpinan SBY.

(nvc/ita)


http://www.detiknews.com/read/2011/12/12/141332/1788989/1148/media-israel-juga-beritakan-aksi-bakar-diri-sondang-di-depan-istana

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar